Gallery

Ngantuk?! Inilah Penyebabnya

image

Bagi beberapa orang-termasuk Na-mengantuk di siang hari adalah hal yang lumrah. Apalagi setelah makan siang. Biasanya sih, karena
makannya over. Perut kekenyangan, ngantuk dah!

Tapi ada juga beberapa orang yang gak abis jam makan siangpun dah ngantuk. Istilahnya
‘ngantukan’. Duh! Itu temen-temen kerja na banget. Belum jam sepuluh pagi dah pada
ngantuk. Well, jika mengalami hal seperti itu, coba cek pola makannya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi rasa
kantuk dan kewaspadaan di siang hari. Penelitian yang di presentasikan dalam pertemuan Assosiated Professional Sleep
Societes (heran na ada kyak gnian!!) di Baltemore ini menyimpulkan bahwa makanan berlemaklah yang menjadi biang keladinya. Yaiyalah, pantas aja co-workers na pada ngantukan. Secara yang mereka makan lemak melulu. Obesitas deh! Bisa cepet2 kena jantung and stroke. Haduhhh!

Terlepas dari pola makan yang salah, sebab utama ngantuk adalah anemia. Tau lah ya,
anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah atau hemoglobin sehingga kemampuan darah mengangkut oksigen berkurang. Bisa terlihat kalo orang kena anemia dari tampilannya. Lemah, letih, lesu dan pasti ngantukan. Kalo gak mau anemia ya banyak-banyak makan-makanan yang mengandung zat besi. Atau kalau
perlu, kan sekarang banyak tuh, suplemen penambah darah.

Na ngutip dari News.com.au (Selasa, 11 Juni 2013) tentang hal-hal yang memicu kelelahan
dan mudah mengantuk.

1.Terlalu santai
Stress merupakan penyebab utama kurang tidur dan kelelahan. Tapi penelitian juga membuktikan hal yang sebaliknya. Terlalu santai juga membuat orang mudah letih dan kurang bergairah. Sedikit stress tidak hanya baik untuk
membangkitkan gairah hidup, tapi juga memperbaiki sistem imun.
Tambahan dari ba, faktanya memang begitu di lapangan. Orang-orang yang santai saat kerja, tidak mempunyai gairah untuk mengejar target alias nothing to lose atas pekerjaan mereka cenderung cepet ngantuk. I’m living around those people.

2. Pengaruh Ponsel
Jika ingin tidur nyenyak dan berkualitas maka matikan ponsel. Temuan di Karolinska Institute
menunjukan pemakaian ponsel 1 jam bisa mengganggu pola tidur sehingga kualitas tidur menurun.

3. Kurang Minum
Seorang chropractor Dr. Simon Cloreani menyatakan bahwa seseorang membutuhkan 30
ml air putih tiap kg berat di tubuhnya untuk menjaga hidrasi.

4. Kurangnya keseimbangan
Saat badan tidak seimbang maka akan menimbulkan stress di bagian yang terisolasi.
Maksudnya ada kalanya fungsi organ tubuh yang bekerja terlalu hardly.

5. Hati yang bekerja terlalu keras
Menurut seorang ahli naturopati Annalies Corse, hati yang bekerja tidak normal memicu kelelahan. Fungsi hati adalah detoksifikasi.
Darah yang melewati hati selama proses pencernaan akan di deteksi untuk mendapati zat beracun dan berbahaya yang terdapat pada makanan. Enzim
dalam hepatosit memetabolisme banyak racun seperti alkohol
dan obat-obatan dan menjadi metabolit aktif.
Untuk menjaga kadar hormon dalam batas homeostatis normal,
hati juga memetabolisme dan menghapus hormon sirkulasi yang diproduksi oleh kelenjar tubuh manusia itu sendiri.
Awalnya na kira ‘hati yang bekerja terlalu keras’
adalah orang yg sering jatuh cinta… Heee! bukan hati yang itu!!!

6. Kurangnya Vitamin C
Yang ini jelas lah ya. Orang yang jarang mengkonsumsi buah-buahan bervitamin C biasanya terlihat kurang segar dan daya tahan tubuhnya lemah. Banyak-banyak makan buah kalau gak mau ngantuk!

7.Kurangnya Magnesium
Magnesium dibutuhkan oleh setiap sel dalam tubuh karena zat ini penting untuk penguraiaan protein dan pemanfaatan lemak,
vitamin B dan beberapa mineral lainnya di dalam tubuh. Zat ini bertindak sebagai katalisator yang penting dalam berbagai reaksi
enzim: kebanyakan dari enzim ini mengandung vitamin B6 yang tidak menyerap dengan baik
kecuali magnesium dalam jumlah
memadaiterdapat dalam makanan anda. Dikenali sebagai vitamin anti-mineral, magnesium membantu memerangi depresi dan meningkatkan kesehatan system pembuluh jantung (pembuluh jantung dan darah). Zat ini membantu menjaga kesehatan gigi dan mencegah terbentuknya batu dalam ginjal dan kantung empedu. Selain itu juga dapat meringankan masalah pencernaan. Orang yang kecanduan alcohol biasanya
kekurangan magnesium. Gejala-gejala kekurangan magnesium mencakup; merasa
lelah, lemah, syaraf tertekan, dan insomnia. Got it?! Makan banyak-banyak sayuran!

8. Jam biologis kacau
Bangun tidur pada waktu yang sama tiap harinya jauh lebih penting daripada waktu tidurnya sebab akan mengkomunikasikan siklus tidur dari otak ke badan.

9. Tiroid
Tiroid mengatur laju metabolisme atau cepat tidaknya tubuh memproses makanan. Seseorang
jadi cepat lelah, sensitif terhadap dingin,mudah lupa dan gampang gemuk.
–oww! pantes ya orang yang ngantukan itu
pikun. Pikun dini—huh!

10. Kurang olahraga atau terlalu over berolahraga
Kurang olahraga membuat tubuh kekurangan endorphin dan seroponin yang berfungsi agar
tidur menjadi nyenyak. Begitu juga sebaliknya, terlalu over berolahraga dapat meningkatkan
stress dan membuat tidur tidak nyenyak.

So, kesimpulannya adalah…. Kalau kita gak mau cepet ngantuk sama lelah, ya perbaiki pola
hidup dan pola makan kita.
Tapi kebanyakan, people sekarang-sekarang ini lebih cenderung mengkonsumsi anything which contains caffeine buat mengatasi masalah kantuk mereka. Kopi memang salah satu cara ampuh dan juga bermanfaat bagi tubuh kita. Tapi konsumsi yang
berlebihan juga gak baik. Malahan bisa-bisa nambah penyakit… Hadeuuhhh! Andwae!!

Advertisements

2 comments on “Ngantuk?! Inilah Penyebabnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s