Catatan Harian Seorang Fangirl : 140409

Sorry friends for this rant…

Ini bukan hobi, tapi memang sudah menjadi jalan pikiranku bahwa sesuatu positif yang kita tahu dan mengandung unsur manfaat harus kita sebarkan kepada orang lain.

Ada suatu percakapan ditengah jam kerja.

Teman 1: ” Waktu aku lagi buka internet, ada tulisan tersedia jaringan wi-fi. Apa sih maksudnya? Katamu dulu itu pakai password ya? Apa sih passwordnya?

Aq: “Ya aku mana tahu! Itu kan tergantung….”
(belum sempat aku meneruskan sudah dipotong teman yang lainnya)

Teman 2: “Kamu kan biasanya sok tau!”

Offended aku langsung. Tapi orang Korea keburu lewat sehingga pembicaraan terhenti. Dalam hati sebenarnya aku hendak menerangkan LAGI tentang masalah wi-fi itu. Tapi malah jatuhnya lebih kepada pertanyaan yang tidak butuh jawaban.

‘Haruskah aku ngasih tahu no pin ATMku ama orang yang gak dikenal ketika dia memegang kartu ATMku?’
dan
‘Oh please! lihat Google!’

Sok tahu!- atau apapun nama yang orang-orang ini sebutkan tentangku. Aku sama sekali gak pernah berlagak. Aku hanya menceritakan tentang hal-hal yang memang aku tahu. Dan aku tidak mengada-ada. Justru bukankah aku selalu jelas mengatakan ” I Don’t Know!” untuk hal yang masih samar-samar.

Jika aku gak tahu tentang yang orang-orang tanyakan, bukankah kemudian aku selalu kepo mengenai hal-hal yang bermanfaat? Bukannya kepo tentang masalah orang lain! Bukan tentang info yang hanya membuat opini publik yang lama-lama bisa membunuh karakter seseorang(baca: bergunjing).

Ini memang sebuah tulisan tentang pembelaan tentang predikat manusia sok tahu itu. Aku tidak memberitahu apapun untuk sesuatu yang mereka sudah tahu. Jika memang mereka lebih tahu(karena ngejudge orang dengan predikat tertentu berarti dia yang paling ahli) luruskan aku, berdebat denganku jika memang lebih tahu. Jika tidak tahu apa-apa jangan menganggap orang yang memberi ilmu tentang kebaikan itu sok.

Karena semua yang kuceritakan bukan karangan. Semua itu data. Data yang tertulis. Apa iya kita akan mengatai orang yang menberi tahu tentang 7+3 itu 10 itu sok pintar? Bukankah yang disampaikan adalah kebenaran?! Jangan nilai dari act-nya, serap saja pengetahuan yang didapat.

Karena tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat. Semua yang aku beritahukan dan ceritakan hendaknya membuat pikiran mereka terbuka. Jika saja mereka memanfaatkan internet dengan benar, aku juga tidak akan bicara banyak. Berhenti bertanya padaku, aku bukan sok tahu bukan juga yang Maha Tahu!!!!!!

Leave a Reply

